Dulu, orang menggunakan matahari sebagai penunjuk waktu untuk beraktivitas. Itulah yang disebut dengan jam matahari atau sundial yang merupakan perangkat sederhana untuk menunjukkan waktu berdasarkan pergerakan matahari. Jam matahari merupakan penunjuk waktu yang sangat kuno. Tidak ada yang tahu secara pasti kapan jam matahari ini ditemukan namun kebanyakan jam matahari berasal dari Yunani yang ditemukan oleh Chaldean Beroris yang hidup sekitar 340 SM.

Minggu (29/01/2017) berlokasi di kampung kenjeran IV-C bertempat di sebuah tempat peribadatan bernama langgar terop, jam matahari itu dikenalkan oleh komunitas Surabaya Astronomy Club (SAC) kepada anak-anak disana. Hal ini terjadi karena karang taruna RT.04/RW.02 ini ingin memberikan wawasan terhadap anak-anak tentang dunia astronomy berupa jam matahari, pengamatan bulan dan bintang melalui telescope.

Saat acara sedang berlangsung, hujan pun mengguyur kampung ini namun tidak menyurutkan semangat mereka untuk belajar membuat jam matahari. Antusiasme anak-anak pun sangat tinggi karena setiap anak diarahkan untuk membuat jam matahari dari hasil karya mereka yang dipandu oleh Surabaya Astronomy Club. Dengan alat yang seadanya, kertas yang sudah tercetak model jam matahari, kertas buffalo, gunting, penggaris, lem, lidi dan plastisin/malam sudah bisa membuat jam matahari dan di praktekkan setiap ada matahari dengan penjelasan waktu pada jam matahari teragntung pada bayangan yang muncul.

Tidak hanya memberikan pengajaran tentang jam matahari saja, SAC juga membawa telescope untuk disampaikan kepada anak-anak tentang fungsi dari setiap bagian yang terdapat di telescope. Di lain hal, karang taruna yang mempunyai mimpi untuk mewujudkan kampoeng dolanan mulai untuk mengumpulkan satu demi persatu dolanan yang bisa dipamerkan saat acara yang berjudul Star Party Dolanan berlangsung.

Sedikitnya ada 20 jenis permainan tradisional yang dipamerkan dengan total 40 permainan tradisional bisa dikenalkan kepada anak-anak, warga kampung, SAC dan undangan yang datang. Pada penghujung acara, semua peserta workshop jam matahari, SAC, karang taruna, RT, RW dan warga pun tidak menyia-nyiakan kesempatan langka ini untuk berfoto bersama.

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Gotong Royong Donasi

Hai konco dolan, terima kasih telah berkunjung di blog kami. Pada laman ini kami mengajak anda semua untuk menumbuhkan semangat GOTONG RO...

Popular Post

(C) Copyright 2018, All rights resrved Kampoeng Dolanan. Template by colorlib