Tentang Kami

|
Kampoeng Dolanan SBY
Salam Dolanan,
Kami dari pemuda/i dari karang taruna kampung kenjeran RT.04/RW 02 Kelurahan Simokerto Kecamatan Simokerto bercita-cita untuk mewujudkan kampoeng tematik berupa kampoeng dolanan. Kampoeng dolanan berupa kampung tematik yang mengangkat permainan tradisional sebagai inti dari kampung tematik tersebut. Kami membuat kampoeng tematik ini mempunyai 3 tujuan yang harapannya dapat tercapai dalam satu waktu yang bersamaan dan beriringan.

Pertama, kampoeng dolanan diwujudkan bukan untuk bernostalgia para generasi 80-90an melainkan mengedukasi masyarakat luas baik lingkup nasional ataupun internasional bahwa dolanan tradisional mempunyai nilai kehidupan atau filosofi yang sungguh luar biasa. Sebagai contoh, permainan tradisional berupa egrang bathok yang menggunakan bathok kelapa dan tali dalam permainan ini.

Cara bermainnya adalah kedua kaki menginjak bathok kelapa lalu dikendalikan oleh kedua tangan dengan menggunakan tali untuk mengatur keseimbangan. Filosofi dalam permainan ini begitu mendalam, artinya kedua bathok kelapa diibaratkan seperti bumi dimana pad abumi tersebut ada manusia yang menginjakkan kakinya di bumi. Lalu, dalam beraktivitas atau berkehidupan si manusia dan bumi tersebut sesungguhnya telah diatur oleh yang di atas (kedua tangan) untuk mengatur keseimbangan. Ini salah satu contoh saja, di setiap permainan tradisional mengandung unsur-unsur nilai kehidupan yang sungguh luar biasa. Atas dasar inilah kami memilih kampoeng tematik berupa kampoeng dolanan. Bukan sekedar memainkannya saja tapi mendalami nilai-nilai yang terkandung dalam permainan tradisional tersebut.

Yang kedua, dalam mewujudkan kampoeng dolanan bukan hanya sekedar karang tarunanya saja yang bergerak melainkan para pemuda/i yang berdomisili di Surabaya, Indonesia bahkan internasional mempunyai peranan yang sangat penting pula. Disini terdapat peran dan fungsinya masing-masing. Namun yang akan kami bahas disini pada poin kedua adalah memunculkan kembali semangat Gotong Royong dimana hal tersebut merupakan tradisi kebudayaan asli Indonesia yang mulai luntur.

Yang ketiga, akhir dari tujuan dibentuknya kampoeng dolanan adalah untuk mempertahankan permainan tradisional asli Indonesia, jika ingin melestarikan dan mempertahankan permainan tradisional maka satu-satunya cara adalah memainkannya dan memperkenalkannya kepada generasi penerus bangsa. Namun bukan sekedar memainkannya saja, bersama-sama untuk mengedukasi tentang nilai-nilai kehidupan atau filosofi yang baik dalam setiap permainan tradisional.

Salam,
Kartar Kampoeng Dolanan

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Gotong Royong Donasi

Hai konco dolan, terima kasih telah berkunjung di blog kami. Pada laman ini kami mengajak anda semua untuk menumbuhkan semangat GOTONG RO...

Popular Post

(C) Copyright 2018, All rights resrved Kampoeng Dolanan. Template by colorlib